Penggunaan soscial media membuat informasi lebih tersebar secara luas dan cepat sehingga penggunaan lebih dari satu media atau platform akan meningkatkan kemungkinan konten dan informasi dapat disebarkan kepada audiens secara lebih luas. Maka dari itu, selain mengunggah konten melalui tiktok, content creator / brand juga memanfaatkan platform lainnya seperti Youtube dan Instagram. Walaupun konten yang dihasilkan masih konten mirroring namun peluang untuk viral di beberapa platform tersebut menjadi suatu hal yang bisa diperjuangkan.

Berikut adalah salah satu pengalaman saya dalam mengelola akun Youtube, mulai dari pembuatan akun, customize profile account, dan penjadwalan penayangan akun beserta penulisan caption dan judul.

Case:

Konten beauty creator di Tiktok yang ingin menyebarkan konten ke lebih banyak audiens dengan menambah ke platform Youtube dengan mirroring dari akun tiktok. 

Profile Picture

Setelah mendaftarkan akun yang perlu dilakukan adalah memilih foto profil yang akan digunakan untuk akun Youtube Channel tersebut. Berikut adalah logo yang saya buat dengan alternatif warna biru dan putih.


Banner

Setelah mengatur foto profil, selanjutnya adalah membuat banner background untuk membuat tampilan Youtube Channel menjadi lebih menarik. Berikut adalah banner background yang saya buat untuk Youtube Channel tersebut:

Bumper Intro

Selanjutnya, pembuatan bumper intro untuk opening video yang nantinya bisa digunakan untuk konten durasi panjang. Berikut adalah bumper intro yang saya buat:

Analysis Result

Dalam durasi kurang lebih 3 bulan, Youtube Channel ini mulai terlihat pertumbuhannya yang dapat dilihat dari jumlah views atau penonton, hingga peningkatan jumlah subsciber yang saat ini mencapai kurang lebih 800 subscriber. Berikut adalah lampiran analysis view dari Youtube Channel:


Nah, itulah beberapa pengaturan yang saya lakukan dalam mengelola Youtube Channel. Walaupun konten yang diunggah bersifat mirroring content tetapi perlu perhatian dalam mengatur tampilan profil agar menarik, termasuk dalam penulisan caption dan judul yang "engaging" atau yang menarik audience untuk Like, Comment, Share and Save konten tersebut.